Thursday, March 21, 2013

Google+ dan beragam kemudahan didalamnya.

Semua pasti kenal dengan situs jejaring sosial, dan dari antara sekian banyak situs jejaring sosial tersebut, masih banyak yang belum mengenal situs jejaring sosial yang satu ini. Namun di sebagian negara situs jejaring sosial ini justru menjadi favorite. Sebelum saya beritahu bagaimana menggunakan Google+, ada baiknya saya perkenalkan fitur - fitur yang ada di Google+ ini sekaligus membandingkannya dengan fitur yang dimiliki Facebook. Diantaranya :

Google Plus atau Google + adalah salah satu produk dari sekian banyak produk yang disediakan google.
Google+ adalah situs jejaring sosial sama dengan situs jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, LinkdIn dll. Goole+ mulai diluncurkan ke publik pada 28 juni 2011, namun pada awal-awal peluncurannya untuk menggunakan google+ terlebih dahulu harus mendapatkan undangan.

1. Lingkaran (Circles) : Membantu kita untuk mengatur, membagi atau mengelompokan teman, sehingga saat anda ingin Add to Circle atau ingin memfollow back orang yang sudah memasukkan anda kelingkaran mereka,kamu dapat mengelompokannya kedalam lingkaran.
Lingkaran atau Circle berguna sebagai batasan atau privasi siapa yang dapat melihat atau mengomentari saat anda membagikan kabar terbaru, video,atau artikel menarik lainnya ke orang lain. Caranya, tinggal  klik Lingkaran/Circle atau nama lingkaran anda, maka hanya orang yang berada didalam lingkaran itu saja yang dapat melihat atau bahkan mengomentari.
Semua orang dapat memasukkan anda ke salah satu lingkaran mereka tanpa harus menunggu konfirmasi dari
anda. Akan tetapi walaupun semua orang bebas menambahkan anda namun orang tersebut tidak otomatis berada dalam lingkaran anda,  kecuali anda menerima orang tersebut berada dilingkaran di lingkaran anda.

2. Photo Editor : Pada saat anda upload foto ke Facebook, anda hanya mendapat bisa "Tag photo" dan "add location". Berbeda dengan Google+, pada saat anda meng-Upload foto anda, anda dapat melakukan photo editor, dimana fitur foto editor ini hampir mirip dengan photoshop dan sudah tersedia otomatis, dan tidak perlu diinstall.

3. Reshare : Di Google+, fasilitas Reshare memungkinkan kita untuk mengutip kembali atau men-share status, kiriman, foto secara langsung, mirip seperti Retweet di Twitter, dan di Facebook, tidak ada.

4. Atur privasi status : Di Facebook, kita tidak bisa mengatur secara cepat siapa saja yang boleh memberi komentar di setiap
status kita, harus masuk kesinilah kesitulah, klik sana atau klik sini trus pilih siapa yang boleh dan siapa yang tidak. Di Google+ tidak serumit itu. Dalam hal privasi berbagi, google+ langsung menawarkan pilihan privasi ke lingkaran teman, mana konten yang boleh dibagi dan mana yang tidak. Fasilitas ini berada pada "option menu" pada kolom status kita, hanya tinggal kita klik, trus tinggal kita pilih, apakah status itu mau kita hapus, men-disable comment atau bahkan menguncinya.

5. Hangout : Adalah fasilitas teleconfrence atau Video chat di Google+. Lewat fasilitas ini, kita dapat melakukan percakapan langsung maksimal 9 orang sekaligus.

6. Sparks : Fasilitas yang hampir sama dengan google search. Selagi kita ber-google+ ria, kita juga dapat melakukan pencarian tanpa harus meninggalkan akun google+ atau membuka tab baru, sehingga kita dengan cepat dapat membagi informasi dengan teman.

7. Google Takeout : Persoalan data pribadi bagaimana.? di google+ dimungkinkan untuk anda menghapus atau mengambil kembali data anda di google+ melalui "data liberation", dengan terlebih dahulu masuk ke google takeout.


8. Photo Detail : Dalam hal foto di google+, kita dapat mengetahui detail foto teman yang berada dilingkaran, sehingga kita tahu kapan foto itu diambil, kamera yang dipergunakan jenis apa, berapa ISO yang dipergunakan dll. Hanya dengan cukup mengklik foto tersebut kemudian klik Photo Details kamu bisa menemukan.


Dan fitur - fitur lainnya yang menurut saya hampir sama dengan facebook. Hanya saja yang membedakan dengan facebook adalah Google+ sudah terhubung hampir keseluruh produk-produk yang dimiliki google,
mulai dari google search, google drive,Gmail dll.

Dalam hal mengatur atau mengelompokkan teman ke dalam satu lingkaran atau kelompok, google+ lebih gampang dan lebih praktis.
Lantas bagaimana cara memulai Google+?
Google+ or Google Plus


Yang pertama sekali kamu harus punya akun di Gmail.
Setelah ada Akun Gmail, kamu masuk ke Google+, klik di sudut atas sebelah kiri, ada tulisan "+You" tanpa tanda kutip. Karena Sekarang, Google+ sudah bisa langsung dipergunakan setelah kita punya akun Gmail.
Lihat pada gambar yang diberi lingkaran merah.

Klik google+ and enjoy



Setelah itu, kamu akan akan masuk ke edit profil, disini kamu akan membuat profil kamu, mulai dari nama, tanggal lahir foto dan seterusnya, seperti gambar dibawah ini. Setelah langkah selesai, klik TINGKATKAN.

Your Google+ profile



Sama seperti saat anda pertama membuat akun Facebook, di google+ anda dipersilahkan mencari teman dengan menghubungkan 
ke situs diluar google. Atau kalau anda ingin fokus pada pengeditan profil, Klik "LEWATI"

Choose how google+ conneted you




Pada langkah ini, perbaharui profil anda dengan lengkap, mulai dari foto, hingga riwayat sekolah anda dan seterusnya.
kemudian klik "SELESAI"

make your photo and make relation



Dan kemudian, WELCOME TO GOOGLE+
Welcome to Google+
Tidak sulit bukan ?!


Oh iya hampir lupa, Google+ juga tersedia untuk Android loh
Google+ apps for android

Atau Kamu bisa Klik GOOGLE+
atau Gabung di Google+ saya :   Mr.Ibenk

Posted by : Alesa morta 12:45 AM

No comments:

Post a Comment

PLEASE GIVE COMMENT WISELY.